Wednesday, June 26, 2013

ASAL MULA ISLAM

     
 
      Arti kata ‘Islam’ adalah ‘tunduk’, yaitu tunduk kepada Allah. Seorang Muslim adalah seorang yang sudah tunduk. Agama ini muncul di Semenanjung Arab pada awal abad ke tujuh, namun menurut kepercayaan kaum Muslim, agama ini adalah agama para nabi mulai dari nabi Adam hingga nabi Muhammad.
Sebelum datangnya Islam, Arab didominasi oleh suku-suku kafir berbahasa Arab yang menyembah berbagai macam dewa. Di tengah-tengah suku kafir Arab ini, hidup pula komunitas Yahudi yang tinggal di berbagai kota perdagangan, dan membawa bersama mereka para rabi, kitab suci dan sinagoganya. Di samping itu, ada juga sejumlah masyarakat Kristen yang tinggal di situ. Karena itulah orang kafir Arab bisa mendapatkan pengetahuan (meskipun barangkali menyimpang) tentang kepercayaan Kristen dan Yahudi.
Pada masa itu, Arabia terletak di antara dua kerajaan superpower. Di sebelah barat terdapat Kekaisaran Kristen Byzantium, dan di sebelah timur, Kekaisaran Zoroaster Persia. Kedua kerajaan ini terlibat dalam konflik bersenjata yang berkepanjangan.
Di bagian barat Arabia terdapat kota Mekah yang makmur, sebuah pusat perdagangan penting yang terkenal dengan kuil penyembahan berhalanya yang disebut Kaabah. Bangunan menyerupai kubus ini adalah pusat pemujaan batu-batu suci termasuk ‘Batu Hitam’, yang disebut-sebut jatuh dari surga, dan ditempatkan di sudut timur Kaabah. Kaabah adalah pusat ziarah tahunan bagi suku-suku di seluruh Arabia.
Belakangan hari, bagi kaum Muslim, masa pra-Islam ini disebut jaman kebodohan (jahiliyah) dan dipandang sebagai jaman barbar, tak bermoral dan dipenuhi dengan penyembahan berhala.

No comments:

Post a Comment