Sunday, April 29, 2012

Shoot 3 point

komponen penting dalam permainan basket. Karena dengan tim yang memiliki 3 point shooter tentu akan lebih menguntungkan. Jika dalam tim tanpa 3 pointer harus memasukan bola 3x untuk mendapat 6 point, dengan 3 point shooter hanya perlu mencetak 2x tembakan. Tentu itu sangat menguntungkan. Namun Shoot 3 point itu tidak mudah. Salah satu faktor 3 pointer adalah faktor alami alias Bakat. Tanpa bakat, anda harus berlatih lebih keras. Namun bukan berarti, dengan bakat yang anda miliki anda tidak harus bekerja keras. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan harus ada kerja keras. Saya bukanlah pemain basket internasional maupun pelatih. Saya hanya anak remaja yang ingin berbagi yang saya ketahui. Dan ini beberapa cara mendapatkan power maupun akurasi shoot 3 point maupun shoot
1) Anda harus memiliki otot tangan yang kuat, karena shoot 3 point sangat jauh. Otot tangan yang kuat pun berguna saat anda shoot medium maupun penetrasi. Caranya mudah, bila anda tidak mempunyai waktu Gym, anda dapat melakukan beberapa latihan di Rumah, seperti Push-up. Tidak perlu terlalu banyak, karena akan malah merusak shoot anda. Perlahan-lahan lah. Push up dengan bertahap dapat membuat otot anda terbentuk dan kuat sehingga membantu shoot anda.
2) Men-Shoot bola sambil tiduran. saat anda shoot bola ke atas, usahakan bola kembali ke tangan anda.
3) Temukan cara shoot terbaik anda, masing2 individu mempunyai cara shoot yang bisa berbeda. Tapi anda dapat melihat cara shoot yang benar di post saya yang dulu ( http://naratama.wordpress.com/2011/01/17/cara-shoot-yang-benar-tips/ ). Saya pun melakukan shoot yang agak berbeda dengan post saya. Apapun cara shoot anda, selama anda nyaman dan efektif, gunakan itu!
4) Sering lah berlatih, lama tidak berlatih dapat membuat anda kehilangan insting shoot anda. Ini sering terjadi pada saya. Ini adalah bagian terpenting. Basket adalah kebiasaan. Jadi bila anda melakukan hal yang benar pada latihan, anda akan melakukan hal yang benar pada bertanding.
5) Percaya diri! Tahukan anda pemain Kobe Bryant, dia mempunyai percaya diri shoot yang luar biasa. Dengan percaya dirinya, dia bisa menjadi pemain istimewa. Jika anda kehilangan percaya diri saat melakukan shoot, anda akan gagal melakukannya. Jadi, percayalah pada diri anda.
Demikian tips-tips dari saya, semoga bermanfaat. Bila ada salah kata, saya mohon maaf. Dan saya menerima kritik maupun saran dari anda. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment